Taukah kalian apa itu QRIS ?
Perlu kamu ketahui bahwa QRIS atau yang dibaca dengan kris adalah singkatan dari Quick Response Indonesian Standard.
Dilansir dari laman Bank Indonesia, QRIS merupakan kode QR standar yang diatur oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk memfasilitasi pembayaran tanpa uang tunai di Indonesia.
Metode pembayaran cashless ini pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia (BI).
Dalam hal ini, pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan cara memindai kode QRIS menggunakan aplikasi pembayaran QRIS yang mendukung.
Misalnya, aplikasi e-Money seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, hingga aplikasi mobile banking yang memiliki fitur QR scanner seperti BCA, Sinarmas, Maybank, CIMB, dan lain-lain.
QRIS kini telah berhasil mengubah pola bertransaksi bagi para penggunanya. QRIS sebagai standar kode QR pembayaran nasional dapat membantu pelaku usaha menerima berbagai metode pembayaran non-tunai dari konsumen. Jauh sebelum QRIS diluncurkan, telah hadir terlebih dahulu internet banking, mobile banking, serta platform e-wallet lainnya yang diluncurkan oleh banyak pihak. Namun, meskipun pembayaran digital bukanlah merupakan hal yang baru, QRIS telah memiliki banyak sekali pengguna yang setia karena kemudahannya dalam membantu pelaku usaha untuk menerima berbagai metode pembayaran non-tunai dari para pelanggan.
QRIS memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya termasuk para pelanggan. Hal ini dikarenakan QRIS berhasil meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mempermudah pelanggan untuk bertransaksi pada berbagai merchant yang sudah terdaftar oleh QRIS. Selain itu, beberapa keuntungan pelanggan dalam menggunakan QRIS antara lain sebagai berikut:
Kepraktisan
Salah satu alasan pelanggan memilih metode pembayaran menggunakan QRIS adalah kepraktisan yang ditawarkan oleh QRIS dalam membantu proses transaksi pelanggan. Pelanggan tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai untuk berbelanja maupun bertransaksi. Sebaliknya, penjual juga tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian sehingga penjual tidak perlu menyiapkan banyak uang pecahan recehan sebagai persediaan uang kembalian untuk pelanggan. Selain itu, QRIS mampu menggabungkan berbagai macam jenis pembayaran digital melalui satu kode yang sama. Oleh karena itu, pelanggan dapat memilih sendiri e-wallet maupun rekening yang akan digunakan selama aplikasi pembayaran digital tersebut memiliki fitur untuk melayani pembayaran hanya dengan scan QR code yang diberikan oleh QRIS. Sehingga, dengan hadirnya QRIS pelanggan hanya perlu membawa smartphone yang mereka miliki yang telah dilengkapi dengan platform pembayaran digital mereka sehingga proses transaksi jauh menjadi lebih praktis. Semakin QRIS mempermudah proses pembayaran oleh pelanggan, maka pengalaman pelanggan akan semakin meningkat sehingga pelanggan akan semakin setia menggunakan produk ini.
Lebih Cepat
Dengan kemudahan serta kepraktisan pelanggan menggunakan metode pembayaran melalui metode QRIS, penjual tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian karena pelanggan dapat membayar langsung sesuai jumlah yang harus dibayarkan. Hal ini tentu saja mempercepat proses transaksi dan mengurangi antrian pelanggan.
Alasan Kenyamanan
Era pandemi serta era pasca pandemi menuntut sebagian besar orang untuk mengurangi kontak fisik selama proses transaksi. Dengan adanya QRIS, pelanggan tidak perlu melakukan kontak langsung dengan penjual sehingga hal ini dapat meningkatkan kenyaman baik dari sisi pelanggan maupun dari sisi penjual sekalipun.
Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan
Saat ini sudah lebih dari 40 ribu merchant bergabung dengan QRIS. Alhasil pelanggan dapat memanfaatkan QRIS untuk berbagai keperluan. Dengan semakin bertambahnya jumlah merchant serta kemudahan yang dirasakan oleh pelanggan maka jumlah pengguna QRIS akan semakin meningkat. Selain itu, merchant juga dapat meningkatkan pendapatannya karena kemudahan yang ditawarkan oleh QRIS sebagai one-stop payment solutions.
Keamanan Transaksi
Merchant maupun pelanggan tidak perlu lagi mengkhawatirkan keamanan transaksi dengan menggunakan QRIS. Metode pembayaran yang digunakan oleh QRIS sudah berstandar internasional. Dalam mengembakan QRIS, Bank Indonesia juga telah bekerja sama dengan PJSP (Penyedia Jasa Sistem Pembayaran). Semua aplikasi PJSP dapat saling membaca atau bertransaksi dengan aman satu sama lain, termasuk PJSP asal luar negeri. Selain itu, penggunaan QRIS juga dapat mencegah terjadinya peredaran uang palsu. Hal ini dikarenakan pembayaran secara cashless akan langsung masuk ke rekening merchant sehingga tidak ada peredaran uang fisik yang digunakan dalam transaksi menggunakan QRIS.
Hemat Biaya Operasional
Transaksi dengan menggunakan QRIS tidak membebankan biaya admin. Meskipun platform e-wallet dan mobile banking yang digunakan berbeda-beda, QRIS tidak membebankan biaya admin ke pelanggan sehingga pelanggan menjadi lebih hemat.
Selain manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh QRIS ke pelanggan, QRIS juga memberikan keuntungan-keuntungan bagi para merchant sehingga penggunaan QRIS semakin berkembang secara pesat. Manfaat-manfaat yang diterima oleh merchant dengan menggunakan QRIS adalah sebagai berikut:
Semua Transaksi Tercatat Secara Otomatis
Semua transaksi yang masuk dan diterima oleh merchant dengan QRIS akan langsung tercatat oleh sistem. Hal ini tentu menguntungkan para merchant sehingga mereka tidak perlu lagi mencatat pemasukan secara manual. Hal ini juga menghindari adanya miss dalam pencatatan transaksi serta menghindari terjadinya kecurangan dalam pembukuan transaksi secara manual. Merchant dapat mengecek riwayat transaksi secara berkala sehingga merchant dapat memantau, menganalisis, dan menentukan strategi pengembangan bisnisnya.
Proses Pencairan Dana yang Cepat
Transaksi yang masuk melalui QRIS akan masuk ke dalam saldo pending selama paling lama 2 hari sejak transaksi dilakukan. Setelah itu, saldo akan berubah menjadi saldo aktif. Saldo aktif kemudian dapat dicairkan ke rekening masing-masing merchant.
Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah QRIS sebagai metode pembayaran. Namun, apakah kamu sudah paham manfaat QRIS ?
Lantas, apa saja manfaat QRIS bagi bisnis, baik pemilik usaha maupun pelanggannya? Berikut keuntungan menggunakan QRIS:
1. Transaksi Menjadi Lebih Cepat
Salah satu manfaat QRIS adalah bisa membuat proses transaksi menjadi lebih cepat.
Hal ini karena QRIS memungkinkan pelanggan untuk tidak perlu repot membawa banyak uang tunai. Di sisi lain, penjual pun tak harus mencari uang kembalian saat melakukan transaksi jual-beli.
Dengan metode cashless dari QRIS ini, proses pembayaran akan menjadi lebih mudah dan cepat selagi ada koneksi internet.
Pelanggan cukup memindai kode QRIS melalui aplikasi yang didukung, masukkan jumlah pembayaran, dan selesaikan pembayaran.
2. Proses Jual-beli Jadi Lebih Mudah
Manfaat QRIS lain yang bisa kamu dapatkan sebagai metode pembayaran yakni membuat proses jual-beli menjadi lebih efisien.
Pasalnya, kamu tidak perlu mendaftar berbagai merchant untuk menyediakan berbagai sistem pembayaran.
Jadi, kamu hanya perlu mendaftar sekali untuk menerima pembayaran dari aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS.
Cukup dengan satu kode QR yang diperoleh dari QRIS, penjual pun bisa menggunakannya untuk menerima berbagai metode pembayaran.
Hingga kini, sudah ada lebih dari 38 layanan dompet digital berlisensi resmi di Indonesia yang mendukung pembayaran melalui QRIS.
Tampilan kasir toko kamu pun akan menjadi lebih simple dan terkesan elegan karena tidak terganggu dengan kode QR yang biasanya ditempel pada beberapa tempat.
3. Metode Pembayaran yang Variatif
Selain itu manfaat QRIS lainnya adalah membantu pelanggan untuk memilih berbagai metode bayar.
Jadi, mereka bisa membayar pesanan sesusai dengan aplikasi uang yang dimiliki, asalkan sudah didukung QRIS.
Pada zaman yang serba digital saat ini, mayoritas pelanggan lebih memilih pembayaran non-tunai. Baik untuk belanja online maupun langsung di toko fisik.
Bahkan tidak sedikit orang yang bertransformasi menjadi cashless, sehingga cukup kesulitan ketika harus membayar dengan uang tunai.
Dengan bantuan QRIS, mereka pun akan lebih mudah dan nyaman ketika melakukan transaksi jual-beli.
4. Mencegah Peredaran Uang Palsu
Manfaat QRIS lain yang bisa kamu dapatkan sebagai metode pembayaran di toko ialah bisa menghindarkanmu dari penipuan.
Salah satu trik penipuan yang cukup marak dilakukan pada para penjual, yakni pembayaran menggunakan uang palsu.
Nah, ketika kamu menerapkan QRIS untuk transaksi, toko kamu menjadi lebih aman karena terhindar dari peredaran uang palsu yang bisa merugikan.
5. Keamanan Transaksi Terjamin
Dengan manfaat QRIS sebagai metode pembayaran, keamanan transaksi jual-beli pun akan terjamin keamanannya.
Hal ini karena prinsip pembayaran dengan memindai kode QR mirip dengan transfer saldo antar rekening.
Biasanya, setiap transaksi yang dilakukan menggunakan QRIS membutuhkan PIN atau kode untuk persetujuan.
Jika ada transaksi yang tidak wajar, mereka dapat melaporkannya ke penyedia layanan karena semuanya online dan tercatat.
6. Menghemat Biaya Operasional Usaha
Kamu pun tak perlu khawatir jika ingin menerapkan sistem pembayaran ini. Dengan menggunakan QRIS, kamu justru bisa menghemat biaya operasional usaha. Itu sebabnya, manfaat QRIS membantu bisnis kamu.
Namun, tetap ada biaya yang dikenakan pada penjual jika kamu menggunakan QRIS. Dalam pembayaran dengan QRIS, ada sebuah istilah merchant discount rate (MDR).
Merchant discount rate QRIS adalah biaya yang akan ditanggung oleh mitra atau merchant.
Misalnya, untuk transaksi regular dikenakan biaya sebesar 0,7%, transaksi pendidikan sebesar 0,6%, transaksi di SPBU 0,4%, dan transaksi bantuan sosial untuk yayasan/organisasi 0%.
Nominal tersebut cenderung kecil dibanding jumlah total transaksi, sehingga kamu bisa tetap mendapatkan keuntungan dari penjualan yang dilakukan oleh pelanggan.
Di sisi lain, pelanggan tidak akan dikenakan biaya seper pun di luar nominal belanja mereka.
Selain itu, angka MDR tersebut juga jauh lebih kecil dibanding dengan biaya switching di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang mencapai 1%.
Jadi, sudah pasti lebih murah dan lebih menguntungkan dari sisi pemilik bisnis.
7. Membantu Usaha Mencatat Transaksi
Karena semua transaksi akan tercatat secara otomatis dengan QRIS, kamu pun bisa melakukan pencatatan keuangan usaha dengan lebih mudah. Jadi, manfaat QRIS ini membuat bisnis kamu punya data lengkap soal transaksi.
Pasalnya, riwayat transaksi QRIS dapat diakses secara real-time, sehingga pengelolaan keuangan usaha lebih efisien.
Dengan begitu, kamu sebagai pemilik bisnis dapat memantau, menganalisis, dan menentukan strategi keuangan bisnis ke depannya.
Dalam aturan pelaksanaan QRIS, batas nominal transaksi QRIS maksimal Rp 2 juta per transaksi.
Namun, penerbit (PJSP) bisa menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan atas transaksi QRIS yang dilakukan oleh masing-masing pengguna.
Penetapan batas nominal kumulatif itu dengan syarat penerbit punya pertimbangan manajemen risiko yang baik.
Kemunculan QRIS telah berhasil memberikan pengalaman yang baru baik bagi pelanggan maupun pelaku usaha. Kemudahan serta keefektifan QRIS dalam membantu proses transaksi telah berhasil meningkatkan pengalaman pelanggan yang positif dalam menggunakan platform tersebut. Akibat banyaknya manfaat yang diperoleh oleh pelanggan maupun pelaku usaha, kini QRIS telah menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam bertransaksi tanpa perlu khawatir akan keamanan dalam menggunakan platform tersebut.